Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Giat Sosialisasi Pendidikan Pemilih Bersama Warga Nelayan Di TPI Suradadi

Giat sosialisasi pendidikan pemilih dilakukan oleh Relawan Demokrasi Kabupaten Tegal Basis Berkebutuhan Khusus bersama warga lepas pantai Minggu (17/2/2019) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Suradadi.


Tepat pukul 13.00 usai Dhuhur, kegiatan sosialisasi berlangsung diikuti lebih dari 50 orang baik dari nelayan maupun peserta lelang ikan yang tengah berada di lokasi. TPI Kongsi Suradadi Kabupaten Tegal menjadi salah satu target sosialisasi dari Relawan Demokrasi Basis berkebutuhan khusus dengan sasaran warga lepas pantai atau nelayan.

Relasi diberi kesempatan untuk bersosialisasi ditengah nelayan baru berlabuh untuk memaparkan beberapa materi tentang kepemiluan. Sehari sebelumnya, relasi meminta ijin tempat dan waktu pada anggota Koperasi Nelayan Kongsi pimpinan Bapak Bambang dan Humas Bapak Ahmad.

Salah seorang nelayan, Budiono menyampaikan bahwa "ditengah kesibukannya sebagai nelayan dan tergolong masyarakat yang ketinggalan informasi, kegiatan sosialisasi dari Relawan Demokrasi sangat bermanfaat, karena mereka jadi tahu bahwa pemilu 2019 dilaksanakan serentak dan ukuran lebar kertasnya seperti terpal jemuran udang".

Di samping itu, banyak juga warga yang mendapat materi tentang sarat sah menjadi pemilih, cara mencoblos dalam kolom gambar atau nama calon. Usai kegiatan sosialisasi, warga dan nelayan melanjutkan aktivitas rutinnya melaksanakan lelang ikan.


Afad Safaras, menjelaskan bahwa salah satu manfaat kegiatan Relawan Demokrasi bagi diri dan teman-temannya adalah menambah ilmu pengalaman. Selain itu, dia dan timnya juga bersyukur bisa bermanfaat memberi pengetahuan bagi orang lain yang belum tahu tentang pemilu 2019.

Ditambahkan pula oleh rekan relasi lainnya, Chaerudin Abdul F., Nur Afifatul, dan Ahmad Faodilla bahwa perjuangan sosialisasi dari relasi basis berkebutuhan khusus masih banyak lagi. Kedepan mungkin akan lebih berkesan dengan terjun di lokasi-lokasi luar biasa seperti Lembaga Pemasyarakatan (LP), Rumah Sakit (RS), dan perusahaan-perusahaan.
Relawan Demokrasi
Relawan Demokrasi Relawan Demokrasi atau Relasi merupakan mitra KPU dalam upaya menyosialisasikan serta mewujudkan Pemilu yang Demokratis, Bersih dan Berintegritas. Salam Demokrasi...

Posting Komentar untuk "Giat Sosialisasi Pendidikan Pemilih Bersama Warga Nelayan Di TPI Suradadi"