Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sosialisasi Serempak Relawan Demokrasi di CFD Alun-Alun Hanggawana

Usai mendapat bimbingan teknis kedua pada Sabtu (9/2/2019) seluruh anggota Relawan Demokrasi dari sepuluh basis pemilih melakukan sosialisasi serempak. Kegiatan ini berlangsung pada Minggu (10/2/2019) di Alun-Alun Hanggawana Slawi bertepatan dengan Car Free Day (CFD) sejak pagi hingga menjelang siang.


Dimulai dengan apel pagi di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan briving mengenai teknis dan cara kerja sosialisasi serempak. Kemudian dilanjutkan dengan bersama-sama berjalan menuju posko dengan membawa alat peraga (specimen) dan sarana pendukung lainnya.

Sosialisasi Pendidikan Pemilih yang dilakukan dengan dukungan dari KPU Kabupaten Tegal ini mendapat apresiasi baik dari warga pengunjung Hanggawana. Banyak warga yang sengaja berhenti dan mampir untuk menyimak paparan materi kepemiluan dari Relawan Demokrasi.

Interaksi berupa tanya jawab dan foto selfie menjadi favaurit season bagi para pengunjung alun-alun Kabupaten Tegal. Mereka foto bersama keluarga dan Relawan Demokrasi serta anggota KPU usai menyimak materi.

Di sisi lain, Relasi yang mengenakan atribut berupa rompi dan topi juga menyebar untuk melakukan sosialisasi di berbagai sudut alun-alun untuk menjangkau dan memberikan materi pada warga. Antusiasme warga terlihat dari keaktifan bertanya, bahkan sebagian tanpa menunggu didatangi, mereka menghampiri Relawan Demokrasi untuk berinteraksi.

Saefudin, salah warga Kedungbanteng mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi sangat bermanfaat karena memberi pengetahuan bagi bagi para pemilih. Ia menambahkan, kalau bisa di setiap desa atau program sosialisasi tentang pemilu untuk memberi pemahaman kepada warga, terutama orang tua.

Aktivitas yang berlangsung selama tiga jam ini merupakan bagian dari upaya menunjukan eksistensi Relawan Demokrasi (Relasi) sebagai mitra KPU. Menurut Zidny, salah satu Relasi dari Basis Netizen mengatakan  bahwa kegiatan ini seperti Grand Opening atau Lounching untuk memperkenalkan Relawan Demokrasi kepada masyarakat.

Kegiatan juga dihadiri Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Slawi yang ikut serta dari awal hingga akhir acara. Acara sosialisasi diakhiri dengan refleksi sekaligus evaluasi setelah sampai kembali di Kantor KPU. Harapannya, acara sosialisasi serempak oleh Relasi dilakukan juga di daerah lain yang ramai dikunjungi warga serta dapat lebih menarik dengan mendatangkan hiburan dan pembagian sauvenir.
Relawan Demokrasi
Relawan Demokrasi Relawan Demokrasi atau Relasi merupakan mitra KPU dalam upaya menyosialisasikan serta mewujudkan Pemilu yang Demokratis, Bersih dan Berintegritas. Salam Demokrasi...

Posting Komentar untuk "Sosialisasi Serempak Relawan Demokrasi di CFD Alun-Alun Hanggawana"