Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sosialisasi Pendidikan Pemilih Di Kopdar Komunitas Bukalapak Bregas

Sabtu (23/02/2019) lebih dari enam puluh orang yang tergabung dalam Komunitas Bukalapak mendapat sosialisasi pendidikan pemilih di Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Soekarno Hatta Slawi.

Sosialisasi ini dilakukan oleh Relawan Demokrasi Kabupaten Tegal Basis Netizen yang memiliki cakupan tugas untuk memberikan bimbingan dan penyuluhan seputar pemilu pada warga pengguna internet.

Sebelumnya tim relasi, sebutan untuk Relawan Demokrasi, yang berjumlah enam orang dan aktif dalam jejaring sosial serta website melakukan koordinasi di Kafe Teras Ijo untuk konsolidasi. Pematangan dan pemantapan materi juga dilakukan dengan pembuatan desain banner serta slide powerpoint materi pemilu.

Kopi darat atau kopdar yang dilaksanakan mulai pukul sembilan diikuti oleh para penjual online dari wilayah Brebes, Tegal, dan Slawi. Relasi disambut baik oleh warganet yang merupakan komunitas Bukalapak dan melaksanakan kopdar dipandu dua Ranger keren dari Adiwerna dan Brebes.

Tepat menjelang sesi kedua, usai ishoma, tim Relasi dipersilahkan untuk melakukan sosialisasi. Kepada peserta kopdar Bukalapak, disampaikan beberapa materi tentang pentingnya pemilu dan tatacara menggunakan hak pilih. Dijelaskan juga upaya pencegahan serta cara menyikapi berita yang belum tentu kebenarannya atau hoax, karena warga pengguna internet rentan sekali menjadi objeknya.


Usai presentasi materi, beberapa pertanyaan muncul dari peserta dan menjadi bagian interaksi yang menarik. Sesi tanya jawab berlangsung cukup interaktif dan menjadi indikator respon positif dari warganet Bukalapak kepada tim Relawan Demokrasi Basis Netizen.

Pada Tim Relawan Demokrasi, Lilis Hendrawati selaku peserta menyampaikan bahwa dirinya mendapat banyak pengetahuan di kopdar kali ini. Selain mendapat ilmu penjualan online, saya juga memperoleh gambaran bagaimana menggunakan hak suara pada Pemilu April 2019 mendatang.

Disampaikan juga oleh Diyah selaku panitia, kopdar kali ini dengan tema sedikit modal banyak untungnya, jualan tanpa stok produk itu gampang, menjadi lebih variatif dengan kehadiran tim mitra KPU.

Sementara itu, tim Relawan Demokrasi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara dan peserta kopdar yang sudah berkenan bekerjasama dengan kooperatif. Terang Zidny. (297)
Relawan Demokrasi
Relawan Demokrasi Relawan Demokrasi atau Relasi merupakan mitra KPU dalam upaya menyosialisasikan serta mewujudkan Pemilu yang Demokratis, Bersih dan Berintegritas. Salam Demokrasi...

Posting Komentar untuk "Sosialisasi Pendidikan Pemilih Di Kopdar Komunitas Bukalapak Bregas"