Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Basis Pemilih Muda Objek Penting Gerakan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih

Segmen pemilih muda dijadikan sebagai basis gerakan sosialisasi dan pendidikan pemilih karena mereka dalam struktur pemilih berjumlah cukup signifikan. Mereka yang disebut pemuda sesuai Undang Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan adalah warga Negara yang berusia 16 tahun sampai 30 tahun. Dalam konteks pemilu, mereka yang disebut basis pemilih muda adalah warga Negara yang telah memiliki hak pilih dan usianya tidak melebihi 30 tahun.
Mengacu pada dua referensi, yaitu UU No. 40 Tahun 2009 dan literatur kepemiluan, maka kisaran usia pemilih muda adalah 22 tahun sampai 30 tahun.
Pemilih muda baik yang berstatus mahasiswa, pekerja maupun belum atau tidak bekerja penting untuk mendapat sosialisasi dan pendidikan pemilih karena akan mengisi struktur pemilih dalam jangka waktu yang sangat lama.

Edukasi secara terus menerus dibutuhkan agar kepercayaan para pemilih muda terhadap pemilu sebagai instrumen demokrasi makin kuat dan mendalam. Kebiasaan mereka memilih harus terus disupport dan dimotivasi agar tidak tergeser oleh apatisme maupun pragmatisme politik yang dapat merusak kualitas demokrasi.

Contoh bentuk kegiatan yang dapat dilakukan oleh Relawan Demokrasi Basis Muda adalah sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada organisasi kepemudaan, mahasiswa kampus, dan sebagainya.


Relawan Demokras Basis Muda Di Kabupaten Tegal sendiri pada tahun 2019 ditetapkan berdasarkan pengumuman yang diterbitkan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tegal dengan nomor: 29/PP.08-Pu/3328/KPU-Kab/I/2019 terdiri dari Lisa Maudi, Teguh Tri H., M. Abdul Latif, Agam Kurniawan, Agung P., Akhmad Aziz Afandi, dan Lia Fendriana.
Relawan Demokrasi
Relawan Demokrasi Relawan Demokrasi atau Relasi merupakan mitra KPU dalam upaya menyosialisasikan serta mewujudkan Pemilu yang Demokratis, Bersih dan Berintegritas. Salam Demokrasi...

Posting Komentar untuk "Basis Pemilih Muda Objek Penting Gerakan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih"